Kode iPhone iBox, Refurbished & Resmi

kode iphone

Setiap smartphone pasti memiliki kode yang menjadi sebuah identitasnya, termasuk juga iPhone yang memiliki kode iPhone sendiri. Pengguna iPhone perlu mengetahui kode-kode tersebut, karna dengan kode tersebut pengguna bisa mengetahui iPhone tersebut berasal dari negara mana.

Selain mengetahui dari negara mana, kode iPhone juga berfungsi untuk mengetahui garansi yang digunakan apakah iBox, refurbished ataukah resmi. Kode inipun berbeda-beda tiap ponselnya, sehingga antara kode iPhone yang satu dengan yang lainnnya tentunya tidaklah sama.

Kode iPhone ini juga sangat penting untuk melakukan klaim garansi, seperti misalnya anda membeli iPhone dari Cina dan bergaransi negara tersebut, maka untuk melakukan klaim garansi anda harus pergi ke cina tidak bisa melakukannya ditempat negara anda sendiri misalkan Indonesia.

Pihak iPhone sendiri memiliki berbagai jenis garansi, setiap jenis garansi tersebut cara klaim dan penggunaannya berbeda-beda. Adapun jenis-jenis garansi iPhone sendiri seperti garansi resmi, garansi distributor, garansi toko atau penjual dan yang terakhir adalah garansi internasional.

Namun biasanya untuk seri-seri yang sudah diperjual belikan di indonesia, rata-rata sudah menggunakan garansi resmi Ibox. Sehingga pengguna bisa melakukan klaim garansi apapun ketika terjadi suatu masalah melalui layanan Appel Store yang sudah memiliki Authorized Premium Reseller.

Fungsi Adanya Kode Negara iPhone

kode iphone asli

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, ada beberapa fungsi yang bisa anda dapatkan dari adanya kode iPhone ini baik yang iBox, Refurbished, Inter atau bahkan resmi. Salah satu fungsinya yakni untuk mengetahui negara yang memproduksi iPhone serta untuk melakukan klaim garansi.

Baca Juga: Cara Mengganti Nama Hotspot iPhone

Selain itu, adanya kode iPhone juga memberitahukan merek iPhone yang kita gunakan ini termasuk baru, second atau bahkan KW. Karna hingga saat ini, tidak sedikit banykanya jenis-jenis iPhone tiruan yang sekilas terlihat mirip padahal itu semua 100% bukanlah produk asli dari Apple.

Pada kode negara iPhone tersebut nantinya terdapat kode region, seri hingga tipe yang digunakan dari ponsel iPhone. Jika kode iPhone yang anda miliki saat ini tidak cocok dengan table informasi region yang diberikan oleh pihak iPhone, maka sudah bisa dipastikan iPhone anda KW atau HDC.

Kode ini juga bisa digunakan untuk membedakan jenis iPhone asli atau palsu. Oleh karna itu, penting bagi seluruh pengguna iPhone untuk mengetahui kode asal iPhone yang ia gunakan. Karna tiap kode negara pasti memiliki perbedaan, baik dari segi angka atau bahkan huruf yang digunakan.

Daftar Kode iPhone Lengkap

kode iphone indonesia

Sebagai informasi, setiap iPhone yang telah diproduksi biasanya hanya dijual resmi di satu negara saja. Oleh karna itu, garansi resminya pun hanya berlaku di satu negara negara tersebut. Berbeda apabila jika anda membeli iPhone dari luar negeri, maka perlu pergi ke negara tersebut untuk klaim garansi.

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, setiap seri iPhone yang keluar pasti memiliki kode iPhone atau kode negara iPhone nya sendiri. Tujuan adanya kode tersebut adalah untuk melakukan pengecekan negara pembuat ponsel iPhone atau untuk mengetahui proses klaim garansi apabila ada kerusakan.

Hingga saat ini, iPhone sudah di produksi di berbagai negara dan dengan kode region yang berbeda-beda. Mengingat ponsel ini sangat populer di seluruh dunia termasuk salah satunya yakni Indonesia. Nah Berikut daftar kode negara iPhone lengkap yang bisa anda semua simak:

Kode iPhone Negara
A Kanada
AB Arab Saudi, Mesir, Qatar, Uni Emirat Arab, Yordania
B Britania Raya, Irlandia
BG Bulgaria
BR Brazil, dirakit di Brazil
BT Britania Raya
BZ Brazil, dirakit di China
C Canada
CH China
CI Paraguay
CM Hungaria, Kroasia
CR Kroasia
CS Republik Ceko, Slovakia
CZ Republik Ceko
D/DM Jerman
DN Austria, Belanda, Jerman
E Meksiko
EE Estonia
EL Estonia, Latvia
ER Irlandia
ET Estonia
F Prancis
FB Luxemburg, Prancis
FD Austria, Liechtenstein, Swiss
FS Finlandia
GB Yunani
GH Hungaria
GP Portugal
GR Yunani
HB Israel
HC Bulgaria, Hungaria
ID Indonesia
IN India
IP Italia, Portugal
J/JP Japan
K Swedia
KH China, Korea Selatan
KN Denmark, Norwegia
KS Finlandia, Swedia
LA Barbados, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kolumbia, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Peru, Puerto Rico, Republik Dominica
LE Argentina
LL Amerika Serikat
LP Polandia
LT Lithuania
LV Latvia
LZ Chili, Paraguay, Uruguay
MG Hungaria
MM Albania, Makedonia, Montenegro
MY Malaysia
ND Belanda
NF Belgia, Luksembug, Portugal, Prancis
PL/PM Polandia
PO Portugal
PP Filiphina
PY Spanyol
QB Rusia
QL Italia, Portugal, Spanyol
QN Denmark, Islandia, Norwegia, Swedia
RK Kazakhstan
RM Kazakhstan, Rusia
RO Rumania
RP/RS/RU Rusia
RR Moldova, Rusia
SE Serbia
SL Slovakia
SO Afrika Selatan
SU Ukraina
T Italia
TA Taiwan
TH Thailand
TU Turki
TY Italia
VN Vietnam
X Australia, Selandia Baru
Y Spanyol
ZA Hong Kong, Macau
ZD Austria, Belanda, Belgia, Jerman, Luksemburg, Monaco, Prancis, Swiss
ZG Denmark
ZM Zambia
ZO Britania Raya
ZP Singapura
ZQ Jamaika
ZW Zimbabwe

Berdasarakan dari tabel daftar negara iPhone diatas, bisa diinformasikan sebagai contoh ZD/A adalah salah satu kode iPhoen yang berasal dari negara Eropa. Sedangkan untuk kode negara iPhone ZP/A ialah berasal dari Singapura. Contoh lainnya seperti kode LL iPhone yang berasal dari Amerika Serikat.

Baca Juga: Cara Mengganti Bahasa di iPhone

Selain daftar kode region iPhone yang telah saya sebutkan diatas, Ada juga beberapa kode lain yang perlu pengguna ketahui seperti misalnya M merupakan kode iPhone asli yang masih baru. Adapun kode-kode lainnya bisa anda simak melalui number list dibawah ini.

  • F: Merupakan kode Refurbished Unit resmi dari Apple
  • N: Merupakan kode Replacement Unit untuk produk yang diklaim melalui Apple Store
  • P: Merupakan kode Personalized Unit untuk produk yang dibuat secara kustom melalui Apple Online Store.

Dengan mengetahui kode iPhone tersebut, anda bisa mengetahui apakah iPhone yang digunakan saat ini termasuk kedalam kondisi baru, refurbished, ataupun kondisi lainnya. Jika tadi menyinggung tentang Authorized Premium Reseller. Nah meskipun tidak ada pabriknya, anda masih tetap bisa membeli iPhone resmi dari Indonesia.

Hal ini bisa ditunjukkan dengan adanya kode provider yang biasanya tertera pada bagian menu pengaturan Hp, Dusbox ataupun Part lain yang ada di bagian bawah kotak iPhone. Jika anda memilikinya, maka anda bisa melakukan klaim garansi di Indonesia. Daftar kodenya bisa anda simak pada table berikut ini

Kode Provide
PA/A XL
ID/A Telkomsel
FE/A Indosat

Cara Mengetahui Kode iPhone Negara Mana

Sebenarnya, untuk mengetahui kode iPhone berasal dari negara mana cukup mudah. Pengguna bisa melakukannya melalui dua langkah yakni melalui pengaturan dan juga dusbox atau kotak Hp iPhone. Meski langkahnya cukup mudah, namun masih banyak pengguna iPhone yang belum mengetahui hal tersebut.

Namun anda semua tidak perlu khawatir, karna akan saya ulas lengkap dibawah ini. Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut

Melalui Pengaturan

kode negara iphone

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, untuk mengetahui kode negara iPhone bisa dilakukan dengan mudah salah satunya yakni melalui menu pengaturan. Menu ini sudah disiapkan oleh pihak Apple salah satunya untuk mengecek setiap kode dari seri iPhone yang keluar.

Nantinya kode negara iPhone bisa anda semua liat melalui menu model Number, informasinya bisa anda lihat seperti pada gambar diatas. Lalu bagaimana langkahnya? Simak ulasan berikut ini

  1. Pertama silahkan hidupkan ponsel Iphone anda
  2. Setelah itu Buka menu Settings
  3. Kemudian cari menu General
  4. Setelah itu silahkan pilih menu About
  5. Jika sudah, setelah itu cari kolom Model Number
  6. Pada tahap ini anda bisa melihat kode negara iPhone di bagian akhir seperti pada gambar
  7. Selesai

Melalui Kotak iPhone

kode iphone ibox

Cara mengetahui kode negara iPhone selanjutnya yakni melalui Dusbox atau kotak Hp iPhone yang anda miliki. Informasi kode iPhone ini biasanya terletak pada bagian belakang kotak hp, informasinya bisa anda simak melalui gambar yang telah saya upload diatas.

Baca Juga: Cara Ganti Tema iPhone

Selain informasi kode negara iPhone, pada bagian kotak Hp juga menginformasikan bagian-bagian penting lain seperti seri iPhone, IMEI, Model, Negara asal pembuat Hp dan lain sebagainya. Itulah mengapa, keberadaan kotak Hp sangat penting untuk penjualan atau pembelian hp iPhone.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai daftar kode iPhone baik iBox, Refurbished dan juga negara asalnya. Dengan mengetahui kode-kode tersebut, tentu saja memudahkan anda semua dalam mengetahui asal atau dari negara mana iPhone tersebut berasal beserta garansi apa yang digunakan.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar pengguna iPhone lainnya dapat mengetahui hal yang telah saya ulas diatas.

Cara Mengganti Bahasa di iPhone

Admin
5 min read

Cara Ganti Tema iPhone

Admin
3 min read