Ukuran Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6

ukuran pas foto

Ukuran pas foto merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat membuat pass foto untuk keperluan administrasi seperti pembuatan Surat lamaran kerja, keperluan nikah, KTP, SIM, paspor, visa, dan lain-lain. Ukuran pass foto yang berbeda-beda dapat dipakai tergantung pada kebutuhan dan aturan yang berlaku di masing-masing negara.

Di Indonesia, umumnya ukuran pas foto yang dipakai adalah 4×6 cm, namun ada juga yang memerlukan ukuran pas foto yang lebih kecil seperti 2×3 cm atau 3×4 cm. Namun, terkadang ada juga perbedaan ukuran pass foto yang disyaratkan oleh lembaga atau instansi yang membutuhkan pas foto tersebut.

Selain ukuran, ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi dalam membuat pass foto, seperti latar belakang foto yang harus putih atau netral, wajah yang terlihat jelas, tidak memakai kacamata hitam atau topi, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui persyaratan yang berlaku sebelum membuat pas.

Dalam membuat pas foto, penting untuk memperhatikan persyaratan dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku di masing-masing negara atau lembaga yang memerlukannya. Pastikan untuk memilih studio foto yang berkualitas untuk menghasilkan pas foto yang jelas, tajam, dan sesuai persyaratan.

Untuk membuat pas foto, anda bisa pergi ke studio foto untuk mengubah ukuran foto yang sudah ada. Saat mengambil foto di studio, pastikan untuk memberikan informasi bahwa foto yang diambil adalah untuk keperluan pas foto, sehingga fotografer bisa menyesuaikan pencahayaan dan sudut pengambilan foto agar hasilnya bagus.

Apa Itu Ukuran Pas Foto?

ukuran pass foto

Pas foto adalah sebuah foto yang diambil dengan tujuan khusus, yaitu untuk keperluan administrasi atau pendaftaran tertentu. Pas foto umumnya digunakan untuk dokumen identitas seperti KTP, paspor, SIM, dan kartu identitas lainnya. Pas foto juga digunakan untuk keperluan lain seperti pendaftaran sekolah, beasiswa, atau perlombaan.

Baca Juga: Contoh Lamaran Kerja Via Email

Pas foto memiliki ukuran yang bervariasi tergantung pada kebutuhan dan jenis dokumen yang diminta. Beberapa ukuran pas foto yang umum digunakan antara lain 2×3 cm, 3×4 cm, dan 4×6 cm. Ukuran pas foto yang digunakan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh lembaga atau institusi yang memerlukannya.

Pas foto yang baik harus memperhatikan beberapa hal, seperti komposisi, pencahayaan, fokus, orientasi, dan resolusi. Komposisi pas foto yang baik harus seimbang, dan tidak terpotong atau terlalu kecil. Pencahayaan pas foto harus memadai dan tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Fokus pas foto harus tajam pada wajah dan tidak kabur.

Orientasi pas foto harus sesuai dengan standar yang diminta oleh lembaga atau institusi. Resolusi pas foto harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh lembaga atau institusi. Pada umumnya, pas foto yang digunakan pada dokumen resmi harus memiliki background yang bersih, fokus yang tajam, dan tidak diubah dengan manipulasi digital.

Ukuran Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6 (Cm, Mm, Inch & pixel)

Pas foto adalah gambar kecil yang biasanya digunakan untuk keperluan administrasi, seperti membuat dokumen identitas, visa, surat izin mengemudi, dan sebagainya. Ada beberapa ukuran pas foto yang umum digunakan di Indonesia dan beberapa negara lainnya, yaitu ukuran 2×3, 3×4, dan 4×6.

Mengetahui ukuran pass foto sesuai standar seperti dalam cm, mm atau inch sangatlah penting, karena ukuran foto ini biasanya sering digunakan untuk melamar pekerjaan, keperluan buku nikah, keperluan kependudukan, daftar ulang universitas, atau persyaratan ujian.

Ukuran Pas Foto 2×3

Ukuran Pas Foto 2x3

Ukuran pas foto 2×3 adalah ukuran standar yang sangat umum digunakan di berbagai negara di seluruh dunia. Ukuran ini mudah diproduksi dan dapat dihasilkan dengan mesin cetak foto yang tersedia di banyak tempat. Untuk menghasilkan pas foto dengan ukuran yang sesuai, pastikan untuk memeriksa persyaratan yang diperlukan sebelum mencetak pas foto.

Pas Foto 2X3 Dalam cm

Ukuran foto 2×3 dalam cm adalah 2 cm x 3 cm. Ukuran ini merupakan ukuran standar untuk pas foto yang umum digunakan di Indonesia. Pas foto dengan ukuran ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti pembuatan KTP, SIM, dan kartu identitas lainnya.

Pas Foto 2X3 Dalam mm

Ukuran foto 2×3 dalam mm adalah 20 mm x 30 mm. Untuk mengkonversi ukuran cm menjadi mm, kita dapat mengalikan lebar dan tinggi dengan faktor pengali 10.

Pas Foto 2X3 Dalam Inch

Ukuran foto 2×3 dalam inch adalah sekitar 0,79 inchi x 1,18 inchi. Untuk mengkonversi ukuran cm menjadi inch, kita dapat membagi ukuran tersebut dengan faktor pengali 2,54.

Pas Foto 2X3 Dalam Pixel

Ukuran pas foto 2×3 dalam pixel umumnya menggunakan resolusi 300 dpi (dots per inch) atau 118 dots per cm. Dengan resolusi ini, maka pas foto 2×3 memiliki ukuran sekitar 236 x 354 pixel.

Cara Mengatur Foto 2X3 di Photoshop

Untuk mengatur foto dengan ukuran 2×3 di Photoshop, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop dan buat dokumen baru dengan ukuran 2×3 inci dan resolusi minimal 300 dpi. Pastikan mode warna yang digunakan adalah RGB.
  2. Import foto yang akan diedit dengan cara klik File -> Open dan pilih foto yang ingin di edit.
  3. Setelah foto terbuka di Photoshop, pilih menu Image -> Image Size.
  4. Pada jendela Image Size, pastikan kotak Constrain Proportions sudah dicentang.
  5. Ubah dimensi foto dengan memasukkan nilai 2 di kolom Width dan 3 di kolom Height.
  6. Pastikan pengaturan Resample Image sudah diaktifkan dan pilih opsi bicubic sharper pada menu drop-down pada bagian bawah jendela.
  7. Klik OK untuk mengubah ukuran foto.
  8. Anda dapat melakukan editing seperti crop, adjust brightness, contrast, dan lain sebagainya, hingga foto terlihat sesuai dengan keinginan.
  9. Setelah editing selesai, pilih menu File -> Save As untuk menyimpan hasil editing.
  10. Pada jendela Save As, tentukan lokasi penyimpanan, nama file dan pastikan format file yang dipilih adalah JPEG.
  11. Pilih ukuran foto yang diinginkan dengan mengklik drop down box Resize to Fit pada bagian Image Size.
  12. Pada jendela Resize to Fit, tentukan dimensi foto dengan mengisi nilai 2 di kolom Width dan 3 di kolom Height.
  13. Pastikan pengaturan Scale Styles, Constrain Proportions, dan Resample Image sudah diaktifkan.
  14. Klik tombol OK, lalu klik Save untuk menyimpan file foto yang sudah di edit dan dipersiapkan dengan ukuran 2×3 cm.
  15. Selesai

Ukuran Pas Foto 3×4

ukuran pas foto 3x4

Selain ukuran 2×3, beberapa ukuran lain seperti 3×4 juga sering digunakan untuk beberapa keperluan administrasi. Foto dengan ukuran 3×4 biasa digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari pembuatan ijazah, melamar kerja disuatu perusahaan dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Surat Lamaran Kerja Pdf Edit

Pas Foto 3×4 Dalam cm

Ukuran pas foto 3×4 dalam cm adalah 3 cm x 4 cm. Ukuran ini umumnya digunakan untuk keperluan administrasi seperti pembuatan Visa, KTP, SIM dan identitas lainnya.

Pas Foto 3×4 Dalam mm

Ukuran pas foto 3×4 dalam mm adalah 30 mm x 40 mm. Untuk mengkonversi ukuran cm menjadi mm, kita dapat mengalikan lebar dan tinggi dengan faktor pengali 10.

Pas Foto 3×4 Dalam Inch

Ukuran pas foto 3×4 dalam inch adalah sekitar 1,18 inci x 1,57 inci. Untuk mengkonversi ukuran cm menjadi inch, kita dapat membagi ukuran tersebut dengan faktor pengali 2,54

Pas Foto 3×4 Dalam Pixel

Ukuran pas foto 3×4 dalam pixel menggunakan resolusi foto yang sama yakni 300 dpi (dots per inch) atau 118 dots per cm. Dengan resolusi ini, maka ukuran pas foto 3×4 memiliki ukuran pixel sekitar 354 x 472.

Cara Membuat Foto 3X4 di Photoshop

Untuk membuat foto 3×4 di Photoshop, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop dan buat dokumen baru dengan ukuran 3×4 inci dan resolusi minimal 300 dpi. Pastikan mode warna yang digunakan adalah RGB.
  2. Import foto yang akan diedit dengan cara klik File -> Open dan pilih foto yang ingin di edit.
  3. Setelah foto terbuka di Photoshop, Anda dapat melakukan editing seperti crop, adjust brightness, contrast, dan lain sebagainya, hingga foto terlihat sesuai dengan keinginan.
  4. Setelah editing selesai, pilih menu File -> Save As untuk menyimpan hasil editing.
  5. Pada jendela Save As, tentukan lokasi penyimpanan, nama file dan pastikan format file yang dipilih adalah JPEG.
  6. Setelah itu, pada bagian Image Options, pilih Quality dengan nilai tinggi, sekitar 10 atau lebih.
  7. Pilih ukuran foto yang diinginkan dengan mengklik drop down box Resize to Fit pada bagian Image Size.
  8. Pada jendela Resize to Fit, tentukan dimensi foto dengan mengisi nilai 3 di kolom Width dan 4 di kolom Height.
  9. Pastikan pengaturan Scale Styles, Constrain Proportions, dan Resample Image sudah diaktifkan.
  10. Klik tombol OK, lalu klik Save untuk menyimpan file foto yang sudah di edit dan dipersiapkan dengan ukuran 3×4 cm.
  11. Selesai

Ukuran Pas Foto 4×6

ukuran pas foto 4x6

Selain 2×3, 3×4 ukuran pass foto lainya yang sering digunakan adalah pasfoto 4X6. Ukuran ini biasanya digunakan untuk keperluan administrasi resmi seperti untuk pembuatan surat SKCK, keperluan berkas CPNS dan masih banyak lagi lainnya. Ukuran pasfoto ini merupakan yang paling besar dibandingkan lainnya.

Pas Foto 4×6 Dalam cm

Ukuran foto 4×6 dalam cm adalah 4 cm x 6 cm. Ukuran ini umumnya digunakan untuk keperluan seperti pembuatan paspor dan visa beberapa negara. Namun, ukuran ini juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya seperti sertifikat dan dokumen resmi.

Pas Foto 4×6 Dalam mm

Ukuran foto 4×6 dalam mm adalah 40 mm x 60 mm. Untuk mengkonversi ukuran cm menjadi mm, kita dapat mengalikan lebar dan tinggi dengan faktor pengali 10.

Pas Foto 4×6 Dalam Inch

Ukuran foto 4×6 dalam inci adalah sekitar 1,57 inci x 2,36 inci. Untuk mengkonversi ukuran cm menjadi inci, kita dapat membagi ukuran tersebut dengan faktor pengali 2,54

Pas Foto 4×6 Dalam Pixel

Ukuran pas foto 4×6 juga menggunakan resolusi foto 300 dpi (dots per inch) atau 118 dots per cm. Dengan resolusi ini, maka ukuran pas foto 4×6 cm memiliki ukuran sekitar 472 x 708 pixel.

Cara Membuat Foto 4X6 di Photoshop

Untuk membuat foto 4×6 di Photoshop, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop dan buat dokumen baru dengan ukuran 4×6 inci dan resolusi minimal 300 dpi. Pastikan mode warna yang digunakan adalah RGB.
  2. Import foto yang akan diedit dengan cara klik File -> Open dan pilih foto yang ingin di edit.
  3. Setelah foto terbuka di Photoshop, Anda dapat melakukan editing seperti crop, adjust brightness, contrast, dan lain sebagainya, hingga foto terlihat sesuai dengan keinginan.
  4. Setelah editing selesai, pilih menu File -> Save As untuk menyimpan hasil editing.
  5. Pada jendela Save As, tentukan lokasi penyimpanan, nama file dan pastikan format file yang dipilih adalah JPEG.
  6. Setelah itu, pada bagian Image Options, pilih Quality dengan nilai tinggi, sekitar 10 atau lebih.
  7. Pilih ukuran foto yang diinginkan dengan mengklik drop down box Resize to Fit pada bagian Image Size.
  8. Pada jendela Resize to Fit, tentukan dimensi foto dengan mengisi nilai 4 di kolom Width dan 6 di kolom Height.
  9. Pastikan pengaturan Scale Styles, Constrain Proportions, dan Resample Image sudah diaktifkan.
  10. Klik tombol OK, lalu klik Save untuk menyimpan file foto yang sudah di edit dan dipersiapkan dengan ukuran 4×6 cm.
  11. Selesai

Baca Juga: Contoh CV Word (Curriculum Vitae) Gratis Terbaru

Untuk memudahkan anda semua untuk dalam melihat ukuran asli dari pas foto masing-masing ukuran, berikut adalah tabel ukuran pas foto dalam beberapa ukuran yang umum digunakan beserta konversi ke ukuran lainnya:

Ukuran Pas Foto Lebar x Tinggi Cm Mm Inci Pixel
2 x 3 cm 2 cm x 3 cm 2,00 cm x 3,00 cm 20,00 mm x 30,00 mm 0,79 in x 1,18 in 236 x 354 px
2,5 x 3,5 cm 2,5 cm x 3,5 cm 2,50 cm x 3,50 cm 25,00 mm x 35,00 mm 0,98 in x 1,38 in 295 x 413 px
3 x 4 cm 3 cm x 4 cm 3,00 cm x 4,00 cm 30,00 mm x 40,00 mm 1,18 in x 1,57 in 354 x 472 px
4 x 6 cm 4 cm x 6 cm 4,00 cm x 6,00 cm 40,00 mm x 60,00 mm 1,57 in x 2,36 in 472 x 708 px

Catatan:

  • Resolusi yang dianjurkan untuk pas foto adalah 600 x 600 piksel atau lebih, namun ukuran pixel dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan lembaga atau institusi yang meminta pas foto.
  • Orientasi potret berarti foto diambil dengan posisi tegak, sedangkan orientasi landscape berarti foto diambil dengan posisi mendatar.

Persentase/Proporsi Wajah 25%, 50% dan 80% pada Pas Foto

ukuran pas foto

Persentase atau proporsi wajah pada pas foto merupakan ukuran proporsi antara lebar wajah dengan lebar seluruh foto. Biasanya, lebar wajah akan diukur dari titik terluar pada pelipis hingga titik terluar pada pipi yang sebelah lain. Persentase atau proporsi wajah pada pas foto biasanya merujuk pada seberapa besar wajah kita yang muncul pada foto.

Berikut ini adalah penjelasan tentang persentase/proporsi wajah pada pas foto:

  1. 25%: Jika menggunakan persentase ini, maka wajah kita akan menempati sekitar 25% dari keseluruhan foto. Biasanya, ini digunakan untuk pas foto yang digunakan untuk keperluan non-formal, seperti foto profil akun media sosial.
  2. 50%: Jika menggunakan persentase ini, maka wajah kita akan menempati sekitar setengah dari keseluruhan foto. Ini adalah ukuran yang paling umum digunakan untuk pas foto yang digunakan untuk keperluan administrasi seperti pembuatan KTP dan SIM.
  3. 80%: Jika menggunakan persentase ini, maka wajah kita akan menempati sekitar 80% dari keseluruhan foto. Biasanya, ini digunakan untuk pas foto yang digunakan untuk keperluan formal, seperti visa dan paspor.

Namun, perlu diingat bahwa ukuran dan persentase wajah pada pas foto dapat bervariasi tergantung pada aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga atau institusi yang meminta pas foto. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa dan mengikuti petunjuk yang diberikan agar pas foto yang kita buat dapat diterima oleh lembaga yang memintanya.

Fungsi Adanya Ukuran Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6

Pas foto merupakan sebuah foto yang diambil dengan tujuan khusus, yaitu untuk keperluan administrasi atau pendaftaran tertentu. Ukuran pas foto yang digunakan bervariasi tergantung pada kebutuhan dan jenis dokumen yang diminta. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari ukuran pass foto:

  1. Identifikasi Ukuran pass foto yang standar memudahkan identifikasi seseorang pada dokumen resmi seperti KTP, paspor, SIM, dan kartu identitas lainnya. Dalam proses identifikasi, lembaga atau institusi yang memerlukan pas foto memastikan bahwa ukuran, resolusi, dan orientasi pas foto yang dikirimkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  2. Keamanan Pas foto yang digunakan pada dokumen resmi harus memenuhi standar keamanan tertentu, seperti memiliki background yang bersih, fokus yang tajam, dan tidak diubah dengan manipulasi digital. Ukuran pass foto yang sesuai standar juga membantu memastikan keamanan dokumen dan mengurangi risiko pemalsuan.
  3. Efisiensi Dalam proses administrasi, penggunaan ukuran pass foto yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan mempercepat proses pengolahan dokumen. Ukuran pass foto yang sesuai standar memudahkan lembaga atau institusi dalam melakukan verifikasi dan validasi dokumen, sehingga prosesnya dapat berjalan lebih efisien dan cepat.
  4. Estetika Selain memenuhi standar yang ditetapkan oleh lembaga atau institusi yang memerlukan pas foto, ukuran pas foto yang tepat juga memperhatikan estetika. Pas foto yang baik harus memiliki komposisi yang seimbang, pencahayaan yang tepat, fokus yang tajam, serta tidak terpotong atau terlalu kecil. Hal ini dapat membantu membuat pas foto terlihat lebih baik dan profesional.

Ukuran pas foto memegang peran penting dalam administrasi dan pendaftaran tertentu. Ukuran pass foto yang sesuai standar memudahkan identifikasi, meningkatkan keamanan dokumen, meningkatkan efisiensi proses administrasi, serta memperhatikan estetika pas foto yang baik.

Penting untuk memperhatikan ukuran, resolusi, orientasi, dan estetika pas foto yang dibuat agar dapat diterima oleh lembaga atau institusi yang memerlukan.

Penutup

Ketiga ukuran pas foto tersebut umumnya memiliki syarat-syarat yang sama, seperti wajah yang terlihat jelas, latar belakang yang netral, dan ukuran foto yang sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui persyaratan yang berlaku sebelum membuat pas foto agar tidak mengalami kesulitan atau penolakan saat mengajukan permohonan administrasi.

Demikian pembahasan kali ini semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna yang memerlukan kebutuhan administratif seperti pembuatan surat lamaran, keperluan nikah, SIM, KTP dan lain sebagainya bisa mengetahui ukuran yang pasti pada pas foto.

ICD 10 HNP

Admin
2 min read

Game Apa Yang Sangat Mengerikan

Admin
3 min read

ATM BNI Terdekat

Laura
4 min read